Don’t Drink Coffee

2006, Aceh Jaya

Pembuat: Afri Rizki | Hello Video 2006 Video ini merupakan salah satu hasil Workshop Video Diary yang diselenggarakan oleh Miles Film dan UNICEF bekerja sama dengan Yayasan Kampung Halaman pada 2006. Don’t Drink Coffee merupakan video karya Afri Rizki, seorang siswa SD, yang menggambarkan kegemaran orang Aceh minum kopi tanpa mengenal waktu. This video is one of the results of … Read More

Permainanku Budayaku (Komunitas Belajar Qoryah Thayyibah)

2012

Pembuat: Prastiya adi, Yuda Tama, Krismanto, Hasan Ismail, Bangkit Budi, Widodo, Haikal, Subandana Adhi, Fahmi, R Adi Saputro, Muna | Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) Seorang remaja yang pindah ke kota bersama orang tuanya teringat dengan permainan masa kecilnya. Ia khawatir, apakah adik-adik di kampungnya masih melestarikannya?

Genengno Insun Njoged

2007, Jawa Timur

Produser : Desantara, Produser Eksekutif : Najib Hakim Halajian, Mokh. Sobirin, Sutradara : Ria Risti Fauzy Profil gadis-gadis yang menjadi penari Gandrung, salah satu kesenian tradisional Banyuwangi, Jawa Timur.Gandrung adalah kesenian sejenis ronggeng di Jawa Tengah. Banyak suara pedas mewarnai kehidupan mereka. Namun tidak sedikit juga yang mendukung langkah mereka.

Pasar Seberang Keraton

2009, Jawa Barat

Pembuat: Tim Aku Massa Cirebon Kegiatan di Pasar Kanoman yang sudah berdiri sejak tahun 1960an. Pasar ini menjadi sandaran masyarakat sekitar. Namun perkembangannya telah menutupi jalan masuk menuju keraton.

Haruskah Membeli

2008, Bali

Produksi : Kelating | Sutradara : Dewa Sidan | Kamera : To Edi, Ngurah Masyarakat Hindu Bali menggunakan Canang sebagai sebagai bagian dalam ritual mereka. Setiap hari mereka menggunakan canang sesuai dengann jumlah tempat yang mereka gunakan untuk sembahyang. Bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk membuat Canang akhirnya harus membeli.

Metal Vs Gong

2007, Bali

Ide Cerita : Pak Wija, Made Suyadna | Sutradara : Sucipta Eksistensi musik gamelan bali melawan gencarnya arus modernitas. Masihkah musik tradisional tersebut di minati oleh generasi muda sekarang?.

Semestinya Jangan Gengsi

Bali

Ide Cerita, Sutradara : W. Sutarka Upacara potong gigi di Bali yang bisa dilakukan secara masal.  Namun karena gengsi banyak juga yang melakukan secara pribadi, padahal biaya yang di keluarkan tidak sedikit. Tak jarang banyak  orang dari golongan ekonomi lemah yang memaksakan, hingga terbelit hutang. Haruskah kita bertahan dengan perasaan Gengsi itu.. ??.

Perang Pandan Desa Tenganan di Masa Kini

2002, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu | Ide Cerita : Nyoman Domplong, Wayan Mudana Upacara Prerang Pandan yang dilakukan di Tenganan untuk bentuk pemujaan kepada dewa Khrisna yang adalah dewa perang. Video ini bercerita mengenai rangkaian upacara tersebut an pemaknaannya oleh masyarakat. Sebuah upacara yang sarat akan tradisi dan nilai serta menarik untuk diikuti. Namun bagaimana sekarang upacara tersebut dimaknai?.

Terinjak Kaki Rinjani

2008

Produksi: Desantara Produser : M. Nur Khoiron Director : Latif, Pikong, Akbar, Agus, Yopy Singkat : Video ini merupakan usaha video etnografi dalam mengungkap potret nyata berlangsungnya perubahan dan pergeseran budaya bagi masyarakat Sasak. Panjang : Merupakan usaha video etnografi dalam mengungkap realitas di balik keindahan Pantai Senggigi di bawah kaki Gunung Rinjani. Bermula dari legenda rakyat Bau Nyale Putri … Read More

Nangiang Barong

2006, Bali

Produksi: InDocs | Sutradara : I Wayan Ananta Wijaya, Dwita July Ariana | Produser Eksekutif : Tonny Trimarsanto Masalah yang terjadi di Kiadan, baik itu wabah penyakit dan konflik yang sering terjadi, oleh masyarakat di percaya karena kekuatan ghaib yang mengganggu. Kekuatan tersebut berasal dari barong banjar tersebut yang tidak terurus. Video ini menceritakan rangkaian prosesi upacara pembangkitan kembali Barong … Read More