Disaster Mitigation

IDEP is a local Indonesian NGO based in Bali – Indonesia, founded in 1999, that develops and delivers training, community programs and media related to sustainable development through Permaculture, and Community-based Disaster Management.

Sampah Desa Tetangga

Bali

Produksi: Kelating Ide Cerita : Dewa Nyoman Sidan Skenario : Dewa Nyoman Sidan, I Wayan Wijaya, DAP Eka Marwani, DAP Yuswita R. Nasib desa hilir yang mendapat sampah kiriman dari desa hulu. Sebuah masalah ekologis yang berkembang menjadi masalah sosial dan berpotensi memicu konflik yang lebih besar.

Film Gaharu

Jayapura, Papua

Editor : Andre Rimbayana | SKP Jayapura-Witness Mengupas cerita implikasi sosial di balik bisnis gaharu oleh masyarakat asli Papua. Tak selamanya uang membahagiakan ketika tak dapat menggunakannya dengan bijak. lagi-lagi perempuan dan anak-anak yang menjadi korban atas keserakahan kaum adam.Bisnis gaharu: musibah atau anugerah?

Dari Pagi Hingga Petang

Kompang, Sulawesi Selatan

Pembuat: Wana | Sekolah Rakyat Payo-Payo Potret aktivitas sehari-hari masyarakat Kompang dari pagi hingga petang. Dari Ayah, Ibu hingga anak-anak mereka. Apa yang menarik dari daerah ini dibandingkan dengan daerah lainnya?

Sekolah Remaja (Behind the Scene)

Pembuat: Yayasan Kampung Halaman Sekolah Remaja Kegiatan kerjasama KH dan komunitas/organisasi lokal untuk memfasilitasi para remaja memahami tantangan lokal dan global melalui media. Di tiap lokasi komunitas, Sekolah Remaja memfasilitasi pelatihan berbagai bentuk media untuk menyuarakan pendapat remaja (foto, video diary dan internet). Dengan membuat ‘medianya’ sendiri (video diary), remaja belajar menganalisa, bekerjasama dalam tim dan mengembangkan kreativitas mereka.

#Hargai! (Creative Sempu)

2014, Yogyakarta

Pembuat: Wima Kaisa, Angga Ramadhan, Aqid Dwi D, Daniel Eka P.R, Sangaji Nur W, Akbar Mazaro P | Creative Sempu Yogyakarta Sekelompok remaja di Sempu memulai aksi mengumpulkan telepon seluler dalam sebuah tempat sebelum rapat bersama. Aksi ini mengurangi kebiasaan bermain HP saat rapat dan menghormati orang lain yang sedang berbicara. (Jalan Remaja 1208 2014)

Aksi Asik Peduli Lingkungan

2014, Cirebon

Pembuat: Neneng Komalasari, Cecep Supriyatna, Eman Priyono | Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon Remaja yang tergabung di SLH membuktikan aksi- asik yang selama ini sudah mereka lakukan untuk menjaga lingkungan seperti kerja bakti membersihkan sampah di aliran sungai. Mereka juga mengajak anak- anak di lingkungan sekitar. (Jalan Remaja 1208 2014)

Aksi Pintar

2014, Bantul, Yogyakarta

Videomakers : Hatta Efendi, Tri Kundono, Anton Fajri, Syarif Hidayat, Wonky Rheka | Joglo Pintar Yogyakarta Muda- mudi di dusun Kepek bantul mendirikan ruang dimana anak- anak dan remaja bisa beraktifitas dan berkreasi bersama dengan nama Joglo Pintar. Tujuannya supaya generasi muda di kampung mereka bisa saling mengenal satu sama lain di jaman yang mulai membudaya sifat individualis ( Jalan … Read More

SinematiSantri Project

2014, Malang

Pembuat: Santriwati Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Malang Nisa dan teman-teman santriwati di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Malang membuat video tentang aktifitas mereka bersilaturahmi dan berbagi kebahagiaan dengan beberapa orang kakek-kakek dan nenek-nenek di Malang. Nisa and her friends at Raudlatul Ulum 1 girls Islamic boarding school makes their own video documentation about their visit to several elderly people … Read More

Aku, Kita dan Dusun Kami

2013, Lombok Utara

Pembuat: Abdi, Rakyat, Mudaeah, Halki, Harbi, Haris, Purnama Sari, Suryani, Imam, Amir, Ramdhani, Tina Agustin, Hadiyati Indri | Program Komunitas Kreatif (Mei Juni) di Desa Malak, Lombok Utara, Kelola dan PNPM Support Facility 2013 Peternak sapi berserakan, kata sekelompok remaja di Dusun Nipah. Ini cerita mereka tentang masyarakat di desa mereka dan sapi-sapi mereka.