Bisa Dewek

2007, Jawa Barat

Produksi : Antropologi FISIP UI & IPPHTI Indramayu Sebuah video yang menceritakan permasalahan dan solusi yang dialami petani di Kecamatan Lelea, Indramayu, Jawa Barat. Program swasembada pangan telah sedikit banyak mempengaruhi produktivitas pertanian di Jawa Barat. Salah satu dari program yang awalnya digagas LSM adalah keterampilan petani di Lelea untuk menyiasati degradasi ekosistem sawah. Sejak itu, mereka pun dapat mengamati … Read More

Tangis Petani Belum Didengar

2007, Jawa Tengah

Pembuat : Sunardi, Tim Watugede, Pardi, Sular, Sumadi, Budi, Narto | Lembaga : LPTP Bercerita tentang keluh kesah para petani tentang kesulitan mereka dalam mendapatkan bibit dengan murah, penghasilan yang semakin menurun dan sistem irigasi yang terganggu. Para petani ini kemudian menyiasatinya dengan membentuk kelompok, salah satunya kelompok ‘macul’. Cita-cita seorang petani pun tak boleh padam. Kelompok ini rutin mengadakan … Read More

The 3rd Peasant Meeting

Jawa Tengah

Visual Concept : Kendilwesi, Naskah : Ririn Habsari, Dian Rahmawati Temu tani yang diadakan untuk ketiga kalinya di Desa Ngandong, Klaten. Salah satu desa yang mengalami kerusakan yang parah pada waktu gempa Jogja tahun 2006. Pertemuan ini diadakan sebagai sharing pengalaman, pengatahuan dan teknologi pertanian.

Leueng Kahuripan

Jawa Barat

Sutradara : Aji Sunardi, kamera : Dayat Hidayat, Hikman Nul Hakim Video hasil workshop dengan petani pinggiran hutan di Sukabumi, Jawa Barat. Merupakan salah satu upaya untuk menggunakan media visual sebagai alat refleksi, evaluasi dan self advokasi bagi petani tersebut.

Sawahku Malang Kakaoku Sayang

2008, Bali

Sutradara : Gedang, Kamera : Alit, Qícot Kisah petani Kakao yang dulunya adalah petani sawah. Pada 1997 harga Kakao melambung dan mereka beramai-ramai berpindah menjadi Kakao dan meninggalkan sawah mereka. Sekarang kehidupan mereka cenderung lebih baik daripada dulu.

Seludang Kabut Ekowisata Dukuh

2006, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu | Ide Cerita/Skenario : Atik, Ananta | Sutradara : Ananta Banjar Adat Dukuh Sibetan yang tergabung dalam jaringan Ekowisata Desa melakukan beberapa kegiatan dalam penyiapan paket ekowisata ada beberapa yang di berikan oleh pemerintah daerah,diantaranya Bale Payung yang di buat dari Beton. Ketua kelompok ekowisata berpendapat bahwa bantuan tersebut kurang cocok dengan alam sekitarnya. Selain itu,sebelum memberi … Read More

Petani Yang Sederhana

2008

Produksi: Sanggar Lare Mentes | Produser : Uwak Karyo | Director : Dian Eka P. Cerita tentang kerendahan hati dan kesederhanaan petani di daerah Klaten Jawa Tengah. Meski sederet permasalahan melingkupinya

Petani Kiadan Di Masa Transisi

2002, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu, Pembuat: Made Japa, Budiana, Dibiasa Video yang bercerita tentang seorang petani Kiadan Pelaga tentang permasalahannya sebagai seorang petani. Walaupun desanya indah dan subur, namun ia belum bisa menentukan harga untuk pertaniannya dan masih bergantung pada pengepul.

Beras Kami Sendiri

2008, Bali

Pembuat: Yayasan Wisnu Keprihatinan masyarakat Desa Tenganan yang selalu membeli beras padahal desa tersebut merupakan salah satu lumbung beras di Bali. Kemudian mereka mempunyai ide untuk mendirikan penggilingan beras untuk mengolah hasil beras mereka sendiri. Dengan tenaga energy listrik yang dihasilkan oleh sungai yang membelah desa mereka, mereka mencukupi kebutuhan beras masyarakat. Sekarang mereka  tidak perlu lagi membeli beras.

Tenganan Setelah Bom

2002, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu Video tentang dampak bom Bali 12 Oktober 2002 pada masyarakat desa Tenganan yang sebagian besar bergantung  pada pariwisata. Video ini mengajak masyarakat memikirkan kembali potensi pertanian yang dimiliki untuk tidak lagi bergantung pada pariwisata.