Disaster Mitigation

IDEP is a local Indonesian NGO based in Bali – Indonesia, founded in 1999, that develops and delivers training, community programs and media related to sustainable development through Permaculture, and Community-based Disaster Management.

The 3rd Peasant Meeting

Jawa Tengah

Visual Concept : Kendilwesi, Naskah : Ririn Habsari, Dian Rahmawati Temu tani yang diadakan untuk ketiga kalinya di Desa Ngandong, Klaten. Salah satu desa yang mengalami kerusakan yang parah pada waktu gempa Jogja tahun 2006. Pertemuan ini diadakan sebagai sharing pengalaman, pengatahuan dan teknologi pertanian.

Leueng Kahuripan

Jawa Barat

Sutradara : Aji Sunardi, kamera : Dayat Hidayat, Hikman Nul Hakim Video hasil workshop dengan petani pinggiran hutan di Sukabumi, Jawa Barat. Merupakan salah satu upaya untuk menggunakan media visual sebagai alat refleksi, evaluasi dan self advokasi bagi petani tersebut.

Persiki

Bali

| Ide Cerita, Sutradara : I Wayan Sucitra, Editing : Sutarka, Sucitra Cerita kegiatan Persatuan Siswa Kecil Indonesia (persiki). Membersihkan lingkungan desa setiap hari minggu. Kegiatan membentuk kesadaran lingkungan sejak usia dini.

Sampah Desa Tetangga

Bali

Produksi: Kelating Ide Cerita : Dewa Nyoman Sidan Skenario : Dewa Nyoman Sidan, I Wayan Wijaya, DAP Eka Marwani, DAP Yuswita R. Nasib desa hilir yang mendapat sampah kiriman dari desa hulu. Sebuah masalah ekologis yang berkembang menjadi masalah sosial dan berpotensi memicu konflik yang lebih besar.

Semestinya Jangan Gengsi

Bali

Ide Cerita, Sutradara : W. Sutarka Upacara potong gigi di Bali yang bisa dilakukan secara masal.  Namun karena gengsi banyak juga yang melakukan secara pribadi, padahal biaya yang di keluarkan tidak sedikit. Tak jarang banyak  orang dari golongan ekonomi lemah yang memaksakan, hingga terbelit hutang. Haruskah kita bertahan dengan perasaan Gengsi itu.. ??.

Film Gaharu

Jayapura, Papua

Editor : Andre Rimbayana | SKP Jayapura-Witness Mengupas cerita implikasi sosial di balik bisnis gaharu oleh masyarakat asli Papua. Tak selamanya uang membahagiakan ketika tak dapat menggunakannya dengan bijak. lagi-lagi perempuan dan anak-anak yang menjadi korban atas keserakahan kaum adam.Bisnis gaharu: musibah atau anugerah?

Sekolah Remaja (Behind the Scene)

Pembuat: Yayasan Kampung Halaman Sekolah Remaja Kegiatan kerjasama KH dan komunitas/organisasi lokal untuk memfasilitasi para remaja memahami tantangan lokal dan global melalui media. Di tiap lokasi komunitas, Sekolah Remaja memfasilitasi pelatihan berbagai bentuk media untuk menyuarakan pendapat remaja (foto, video diary dan internet). Dengan membuat ‘medianya’ sendiri (video diary), remaja belajar menganalisa, bekerjasama dalam tim dan mengembangkan kreativitas mereka.

#Hargai! (Creative Sempu)

2014, Yogyakarta

Pembuat: Wima Kaisa, Angga Ramadhan, Aqid Dwi D, Daniel Eka P.R, Sangaji Nur W, Akbar Mazaro P | Creative Sempu Yogyakarta Sekelompok remaja di Sempu memulai aksi mengumpulkan telepon seluler dalam sebuah tempat sebelum rapat bersama. Aksi ini mengurangi kebiasaan bermain HP saat rapat dan menghormati orang lain yang sedang berbicara. (Jalan Remaja 1208 2014)