Soami

Depot Video 2016, Sulawesi Tenggara

Pembuat: SRI HARIANTI, ASLINDA, SANTI KARTINI | Remaja Tampara (Wakatobi) Soami merupakan makanan pokok masyarakat Kaledupa. Soami terbuat dari ubi kayu/singkong (Kanau Kau) yang bisa kita jumpai di kebun atau di pekarangan rumah warga. Sebagian besar masyarakat menjadikan Soami sebagai mata pencaharian dengan cara dijual.

Telo (Cuma Kamu, Lo)

Depot Video 2012, Jepara

Pembuat: Wahyu Chyntia P.S, Anindya Paramitha, Misbahudin, Novita Damayanti, M. Faruq Amar, Kinanti Swari K, Yoga Ade N, Vina Meilia, Wahyu Nanda KP, Magdalena Kristanti, Ana Nabielah, Mia Maulyda, Shabrina Tasya, Lintang Apribiliadani, Sixtina Kristi, Samuel Kurnia Yudha, M. Ghozy El Yusa, Basic ;L Siswa-siswa dari SMAN 1 Jepara ingin mengapresiasi bahan makanan tradisional yang selama ini dianggap tidak moderen. … Read More

Sawahku Malang Kakaoku Sayang

Depot Video 2008, Bali

Sutradara : Gedang, Kamera : Alit, Qícot Kisah petani Kakao yang dulunya adalah petani sawah. Pada 1997 harga Kakao melambung dan mereka beramai-ramai berpindah menjadi Kakao dan meninggalkan sawah mereka. Sekarang kehidupan mereka cenderung lebih baik daripada dulu.

Beras Kami Sendiri

Depot Video 2008, Bali

Pembuat: Yayasan Wisnu Keprihatinan masyarakat Desa Tenganan yang selalu membeli beras padahal desa tersebut merupakan salah satu lumbung beras di Bali. Kemudian mereka mempunyai ide untuk mendirikan penggilingan beras untuk mengolah hasil beras mereka sendiri. Dengan tenaga energy listrik yang dihasilkan oleh sungai yang membelah desa mereka, mereka mencukupi kebutuhan beras masyarakat. Sekarang mereka  tidak perlu lagi membeli beras.

Pemuda Penyelip Beras Desa

Depot Video 2008, Bali

Pembuat : WISNU   Kita mempunyai sawah dan padi akan tetapi kita masih harus membeli beras, kenapa dan bagaimana solusinya?

Hikayat Rumput Laut Di Nusa Ceningan

Depot Video 2002, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu | Pembuat : Gde Larna Awalnya sebagian Besar Masyarakat Ceningan bekerja sebagai petani daratan. Setelah rumput laut masuk, sebagian besar beralih menjadi petani rumput laut. Hasil yang didapajt dari rumput laut tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, melainkan juga untuk menyekolahkan anak dan membangun rumah. Budidaya rumput laut  menyebabkan berkurangnya rumput laut alami, jenis budidaya juga … Read More