Olimpiade Dolanan (Rumah Ilalang)

Jepara

Pembuat: Anita Munafia (16 tahun) dan Achma Rusdiyan Yazid (21 tahun) | Rumah Belajar Ilalang Lewat video diary ini, teman — teman dari Rumah Belajar Ilalang berusaha untuk menumbuhkan kembali kecintaan akan permainan tradisional anak yang kian hari semakin tergerus jaman.

Diskriminasi (Pak Dirman Films Purbalingga)

Purbalingga

Pembuat: Nanang Budi Santoso (17 tahun), Canggih Setyawan (18 tahun), Didik Aji Asmoro (18 tahun), Rizki Pangestu (16 tahun) dan Astri Rakhma Adisti (18 tahun) | Produksi: SMA Negeri 1 Rembang, Purbalingga dan CLC Purbalingga (dalam rangka Jalan Remaja 1208) Menurut teman-teman dari Pak Dirman Film, SMA Negeri 1 Rembang, dikriminasi artinya tidak melulu tentang beda warna kulit, suku, ras, … Read More

Kamu Bahagia?

Videomakers: Rofek Firdaus, Baits Shalu Chandani, Cindy Kamalia Amalia, Gufron Bondowoso memiliki angka pernikahan dini yang tertinggi di Indonesia. Seorang siswa di Bondowoso ingin menanyakan kepada teman sebayanya yang memutuskan menikah di usia muda. Apakah dia bahagia? Nah, ini jawabannya untuk teman-temannya..

The 3rd Peasant Meeting

Jawa Tengah

Visual Concept : Kendilwesi, Naskah : Ririn Habsari, Dian Rahmawati Temu tani yang diadakan untuk ketiga kalinya di Desa Ngandong, Klaten. Salah satu desa yang mengalami kerusakan yang parah pada waktu gempa Jogja tahun 2006. Pertemuan ini diadakan sebagai sharing pengalaman, pengatahuan dan teknologi pertanian.

Leueng Kahuripan

Jawa Barat

Sutradara : Aji Sunardi, kamera : Dayat Hidayat, Hikman Nul Hakim Video hasil workshop dengan petani pinggiran hutan di Sukabumi, Jawa Barat. Merupakan salah satu upaya untuk menggunakan media visual sebagai alat refleksi, evaluasi dan self advokasi bagi petani tersebut.

Uncounted Victims

Aceh Jaya

Produser : Adi Nugroho, Nani Zulminarni Pemberlakuan Daerah Operasi Militer (DOM) di wilayah Aceh selama lebih dari 10 tahun menyisakan derita berkepanjangan di tanah rencong, Aceh. Ribuan korban sipil dan militer terbunuh sia-sia. Salah satu kelompok korban yang tidak dihitung adalah perempuan dan anak-anak yang harus menanggung beban berat kehidupan akibat terbunuhnya tumpuan keluarga; suami dan ayah mereka. Video ini … Read More

Mama mama Tersingkir Di Tanah Sendiri

Jayapura, Papua

Produser : Sam Gregory, Rosa Moiwend | witness- SKP Jayapura Pengambilalihan sumber daya ekonomi di pasar Jayapura oleh 45 % warga pendatang membuat mama-mama pedagang asli papua tersingkir. ideologi dan kebijakan pembangunan sangat bias pendatang. Lantas bagaimanakah jalan tengah agar nasib mama-mama dapat berubah?

For The Future

Jawa Timur, Sidoharjo

Pembuat: Masyarakat Desa Besuki  Dua tahun sudah masyarakat Besuki, Porong, Sidoarjo setelah menjadi korban lumpur lapindo mengalami penurunan kondisi sosial ekonomi yang begitu drastis. Keprihatinan dimana-mana. Mereka bertekad agar selalu bertahan hidup demi masa depan yang semoga lebih baik.

Made in Ponorogo

Ponorogo

Dimulai 1995, Pemda Ponorogo menjadikan reog sebagai ‘proyek besar’ pembentukan dan komoditas khas Ponorogo. ‘Proyek’ itu dijalankan antara lain dengan menjadikan kata ‘Reog’ sebagai semboyan Ponorogo, penyelenggaraan Festival Reog Nasional, dan pewajiban seluruh desa untuk memiliki reog.

Sekolah Remaja (Behind the Scene)

Pembuat: Yayasan Kampung Halaman Sekolah Remaja Kegiatan kerjasama KH dan komunitas/organisasi lokal untuk memfasilitasi para remaja memahami tantangan lokal dan global melalui media. Di tiap lokasi komunitas, Sekolah Remaja memfasilitasi pelatihan berbagai bentuk media untuk menyuarakan pendapat remaja (foto, video diary dan internet). Dengan membuat ‘medianya’ sendiri (video diary), remaja belajar menganalisa, bekerjasama dalam tim dan mengembangkan kreativitas mereka.