Apa Yang Kau Cari

2003, Yogyakarta

Sutradara : Ana Rustyaningsih, Siti Nur Kholifah Fim yang mengisahkan tentang anak yang lari dari rumah dan memutuskan untuk hidup di jalan. Karena perlakuan diskriminatif dari orang tuanya. Film ini merupakan hasil Workshop dengan komunitas di sekitar kali code.

Rumah Pohon

2001, Yogyakarta

Produser : Gembong Sigit, Sutradara : Sigit Cerita seorang anak tentang rumah pohonnya. Dunia kecil yang dia ciptakan untuk menikmati kehidupan yang terpisah dengan orang dewasa.

Hidupkan Kebebasanku

2005, Yogyakarta

Sutradara : Watik, Ass Sutradara : Andra, Produser : Antariksa Film hasil Workshop Video Partisipatif bersama anak dari sanggar AWI di kampong Pakelrejo Yogyakarta. Film ini menceritakan keseharian peserta workshop ketika berinteraksi dengan orang dewasa , seperti orang tua, polisi dan lain sebagainya.

Saboh Glah Ie Kuphie

2008, Aceh Jaya

Produser : Nelli Agustin, Sutradara : Arianii Video ini merupakan hasil akhir dari training video komunitas yang dilakukan di NAD. Bercerita tentang kebiasaan sebagian masyarakat di Aceh yang menghabiskan banyak waktu di warung kopi. Tim ini sedikit menggali pendapat dari seorang istri/ibu rumah tangga terhadap dampak dari kebiasaan tersebut.

Lelah Langkah Sang Ibu

2008, Bali

Ide Cerita : I Gde Suardana, Gendhang | Sutradara : I Made Rai Arimbawa, Dex Stone | Produser : IBK Yoga Atmaja Video tentang perempuan yang berprofesi ganda, sebagai ibu rumah tangga dan buruh penjemur beras. Kerja keras mereka untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Tak ayal, banyak suka duka yang mewarnai kehidupan mereka. Para  perempuan yang Hebat.

Catatan Harianku

2008

Produser : YKAI Indramayu | Pembuat : Rusmini, Elinah, Wiwin, Suriah, Wasri | Editor : Ayu Cerita tentang seorang gadis yang biasa dipanggil Imey. Ia terpaksa bekerja menjadi pembantu rumah tangga di Jakarta. Pekerjaan ini bukan pilihan, tetapi kewajiban untuk membantu keluarga. Padahal, Imey ingin sekali kembali bersekolah seperti teman-teman sebayanya. Dengan kondisi Imey yang sekarang, ia pun hanya bisa … Read More

Percaya Ga Percaya

2008, Yogyakarta

Sutradara: Tomiko Danang | ICBC- Komunitas Pendidik Sebaya Antara orang tua dengan anak sering kali terjadi perbedaan cara pandang. Pacaran, bagaimanakah kedua generasi itu mengemukakan pendapatnya?

Surviving Amidst The Strom

2003, Buton, Sulawesi Tenggara

Pembuat : Adi Nugroho Buton, salah satu wilayah pelabuhan di Sulawesi Tenggara menjadi tempat pelarian sebagian korban kerusuhan Ambon. Penduduk lokal umumnya miskin, mereka bertani, berdagang, dan menanam rumput laut. Wilayah yang miskin ini kemudian harus menanggung beban berat dengan kedatangan pengungsi. Di lain sisi, hidup sebagai pengungsi juga tidak mudah. Mereka harus menyesuaikan kehidupan di wilayah baru dalam kondisi … Read More

Rumah Kedua

2009, Tasikmalaya

Pembuat: Indah Kamar Tidur bagi Indah ( 17 tahun) adalah “Rumah Kedua”, sebuah tempat yang selama ini membuatnya merasa bebas dalam dunianya sendiri. Lalu gempa Tasikmalaya berkekuatan 7.3 SR membuatnya kehilangan rumah keduanya ini.   Gempa membuat Indah melihat dunia luar selain dirinya sendiri. Apakah kita harus mengalami bencana yang sama supaya kita membuka mata?

Solusi

2009, Yogyakarta

Pembuat: Daru, Dicky Kalau kita mau saling mengerti, pasti tidak akan ada perselisihan.