Aksi Asik Peduli Lingkungan

2014, Cirebon

Pembuat: Neneng Komalasari, Cecep Supriyatna, Eman Priyono | Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon Remaja yang tergabung di SLH membuktikan aksi- asik yang selama ini sudah mereka lakukan untuk menjaga lingkungan seperti kerja bakti membersihkan sampah di aliran sungai. Mereka juga mengajak anak- anak di lingkungan sekitar. (Jalan Remaja 1208 2014)

Berani Kotor

2014, Jepara

Pembuat : Ubaidillah Asy’ari, Rhama Bhagaskara, Rifqy Taufiq Maulana, Marta Krisprihanti, Shela Rachmadanty, Dohan Rossida, Sinta Putri Indah Sari, M. Lazuardi Imani, Pitaloka Sekar K | Kamera Jepara Remaja di SMAN 1 Jepara merasa terganggu ketika hendak menggunakan WC di sekolah karena kondisinya yang kotor dan berbau. Mereka memutuskan untuk membersihkannya untuk kenyamanan bersama. ( Jalan remaja 1208 2014)

Aksi Kami (Nyulam Bulan)

2014

Pembuat : Hayati Mayang Arum, Galih Permana, Tatang Zaelani, Diana Nurul Fadilah, Khaerunisa N F, Shinta Wulandari, Deska Mahardika, Fina Lanah Diana, Budi Rahmat Alifian, Aldi R, Tria Nugraha, Budi R A | Nyulam Bulan Bandung Remaja di komunitas Nyulam Bulan terinspirasi oleh seorang ibu yang bekerja sebagai tenaga kebersihan. Mereka berimajinasi menjadi dua sosok robot yang membuat orang tidak … Read More

Sungaiku Yang Hilang (Sanggar Rakyat Cirebon)

2013, Cirebon

Pembuat: Revika Ningrum, Selamat Riyadi, Rizky Dinia, Seno Widodo, Rizki Al Muhyi, Dina Lestari, Hilda H, Sorli R, Desty, William, A. Suryana,| Sanggar Rakyat Cirebon (Jalan Remaja 1208 2013) Remaja di Kota Cirebon melakukan pemetaan terhadap 4 sungai yang mengalir di kota mereka dan mendapati pencemaran akibat sampah dan limbah.

Sampahmu Cemari Tanahku (Papringan Pictures)

2013, Purbalingga

Pembuat: Wildan Aji Saputra (17 tahun), Achmad Ulfi (16 tahun), Sayful Alindi (16 tahun), Melinda Intan V.P (16 tahun) dan Desi Setia Ningsih (16 tahun) | Papringan Pictures dan CLC Purbalingga (Jalan Remaja 1208 2013) 5 siswa SMA N 1 Kutasari Purbalingga, menangkap bahwa ada apa-apa dengan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di kota mereka. Ada kasus pencemaran air dan udara … Read More

Toeh E’k Koen Bak Tempat Droe

2008, Aceh Jaya

Produser : Ratnawati, Sutradara : Nurmala Video ini merupakan hasil akhir dari training video komunitas yang dilakukan di NAD. Video ini mengangkat kebiasaan masyarakat yang sering buang kotoran sembarangan. Video ini berusaha menyadarkan masayarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Sampah Desa Tetangga

Bali

Produksi: Kelating Ide Cerita : Dewa Nyoman Sidan Skenario : Dewa Nyoman Sidan, I Wayan Wijaya, DAP Eka Marwani, DAP Yuswita R. Nasib desa hilir yang mendapat sampah kiriman dari desa hulu. Sebuah masalah ekologis yang berkembang menjadi masalah sosial dan berpotensi memicu konflik yang lebih besar.

Di Balik Batik

2009, Jawa Tengah

Pembuat: Fata Hanifa, Putri Astuti, Fajar Rosyidi, Maharani Jibriellia | Komunitas Toelis Batik, salah satu warisan budaya Jawa yang sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO ini ternyata menyimpan cerita pahit di balik pembuatannya. Limbah batik yang menyebabkan lingkungan di sungai tercemar. Apakah yang disampaikan korban pabrik batik ketika ‘angkat’ bicara?Bagaimana pemerintah kota menengahinya?