Kembang 6 Rupa – Share

Depot Video

Kembang 6 Rupa adalah seri dokumenter pendek tentang 6 remaja perempuan yang tengah menghadapi masa depan di kampung halamannya. Kembang 6 Rupa diproduksi oleh Yayasan Kampung Halaman, berkolaborasi dengan 6 sutradara dan 6 remaja perempuan di Indramayu, Sumedang, Kuningan, Sleman, Sumbawa dan Wamena. Enam remaja perempuan tersebut menceritakan persoalannya,¬† tentang pendidikan, keluarga, mobilitas, kebebasan berkeyakinan, ketenagakerjaan, kebebasan berpendapat dan keadilan … Read More

Diskriminasi (Pak Dirman Films Purbalingga)

Depot Video Purbalingga

Pembuat: Nanang Budi Santoso (17 tahun), Canggih Setyawan (18 tahun), Didik Aji Asmoro (18 tahun), Rizki Pangestu (16 tahun) dan Astri Rakhma Adisti (18 tahun) | Produksi: SMA Negeri 1 Rembang, Purbalingga dan CLC Purbalingga (dalam rangka Jalan Remaja 1208) Menurut teman-teman dari Pak Dirman Film, SMA Negeri 1 Rembang, dikriminasi artinya tidak melulu tentang beda warna kulit, suku, ras, … Read More

Made in Ponorogo

Depot Video Ponorogo

Dimulai 1995, Pemda Ponorogo menjadikan reog sebagai ‘proyek besar’ pembentukan dan komoditas khas Ponorogo. ‘Proyek’ itu dijalankan antara lain dengan menjadikan kata ‘Reog’ sebagai semboyan Ponorogo, penyelenggaraan Festival Reog Nasional, dan pewajiban seluruh desa untuk memiliki reog.

Topeng Indramayu ; Di Keluarga dan Sekolah

Depot Video Indramayu

Pembuat: Komunitas Gala Sajati Timbul tenggelamnya budaya tari topeng Indramayu dalam ingatan dan semangat pemuda Indramayu, dan bagaimana struktur sosial seperti sekolah menerima  kehadirannya dalam masyarakat.

SMA 1 Semanu Bukan SMA Tebu

berisik Gunung Kidul

Pembuat: Wiwik S, Mundi H, Lilis, Desy Para siswa sangat bangga dengan sekolah mereka, walaupun banyak yang menganggap remeh. — Video ini merupakan bagian dari kompilasi Kami Bicara Program Video Diary di 10 SMA dan SMK non unggulan se DIY. Hasil kerjasama Kampung Halaman dengan Samsung Digital Hope.

Sekolah Remaja (Behind the Scene)

Depot Video

Pembuat: Yayasan Kampung Halaman Sekolah Remaja Kegiatan kerjasama KH dan komunitas/organisasi lokal untuk memfasilitasi para remaja memahami tantangan lokal dan global melalui media. Di tiap lokasi komunitas, Sekolah Remaja memfasilitasi pelatihan berbagai bentuk media untuk menyuarakan pendapat remaja (foto, video diary dan internet). Dengan membuat ‘medianya’ sendiri (video diary), remaja belajar menganalisa, bekerjasama dalam tim dan mengembangkan kreativitas mereka.

Ngiwarikeun Bahari

Depot Video 2014, Ciamis

Pembuat : Sena Arlin, Arief Reef, Allgi Oktyanto, Nisa Fauziyah, Imas Masruroh, Yeni Nurmalasari, Yeyen Anggraeni, Hayati Mayang Arum, Irfan Nugraha | Plasabumi Ciamis Para remaja di komunitas ini melakukan aksi melestarikan aksara Sunda dengan memasang papan- papan petunjuk mengunakan aksara sunda untuk nama jalan dan papan petunjuk untuk obyek wisata (Jalan Remaja 1208 2014)

Korupsi Berawal dari Susu (KPAP)

Depot Video 2014, Yogyakarta

Pembuat : Brian Adi Wijaya, Ivone Krissiani, Fauzy Ramadhan, Azzam Chikiwik, Ayuningtyas Rachmasari | Komunitas Pohon Antikorupsi Pelajar Dua orang kakak beradik terlibat dalam pembicaraan seru ketika sedang sahur. Sang kakak enggan menghabiskan susu padahal sebentar lagi imsyak ( waktu tanda berpuasa dimulai ) (Jalan Remaja 1208 2014 )