Don’t Drink Coffee

2006, Aceh Jaya

Pembuat: Afri Rizki | Hello Video 2006 Video ini merupakan salah satu hasil Workshop Video Diary yang diselenggarakan oleh Miles Film dan UNICEF bekerja sama dengan Yayasan Kampung Halaman pada 2006. Don’t Drink Coffee merupakan video karya Afri Rizki, seorang siswa SD, yang menggambarkan kegemaran orang Aceh minum kopi tanpa mengenal waktu. This video is one of the results of … Read More

Aku Benci Premanisme Di Kotaku (Sens Production Tasik)

2013

Pembuat: Suseno A, Elsawati Dewi, Bolet, Angga Sugianto, Azef Hendro, Dadan, M. Ramdan | Produksi: Sens Production dan KOFITA (Jalan Remaja 1208 2013) Remaja menyoroti banyaknya premanisme yang terjadi di kota mereka yang terkenal sebagai kota santri.

Inspirasi Gaya Rambut

2016, Cilacap

Pembuat: Afifah Nur Hasanah, Dian SW, Lya Yuliana, Meli Nur Zakiyah, Meyla Widanti, Wahyu Aminatun – SMKN 1 CIlacap Seorang kakak yang mencoba membantu si adik menata rambutnya agar terlihat rapi dan indah. Tapi sayang, semua tak ada artinya karena akhirnya si adik memilih memakai kerudung dan tatanan rambutnya tak terlihat. Video ini dibuat dalam rangka Jalan Remaja 1208 tahun … Read More

Kisah Inspiratif Seorang Santri

2013, Yogyakarta

Pembuat: Santri dan Santriwati Aswaja Nusantara | Aswaja Nusantara Mlangi (Jalan Remaja 1208 2013) Dengan banyaknya stigma mengenai kehidupan pesantren di media massa, seperti pendidikan terorisme dan sikap-sikap eksklusif, santri Aswaja Nusantara ingin memberikan wacana baru mengenai kehidupan santri yang mereka jalani.

Nikah Muda Malu Dong (PPAD Grobogan)

2013, Jawa Tengah

Pembuat: Luthfi, Nila, Muh. Izzudin, Abdullah Wakhid, Aris Irawan, Nurul Indriyani | PPAD Grobogan (Jalan Remaja 1208 2013) Persatuan Pelajar Anak Desa Padang, Grobogan Jawa Tengah resah karena teman sebaya mereka usia sekolah banyak yang menikah dini.

Diary Lina

Jawa Timur

Videomakers: Lina Febri (SMPN 1 Tegalampel), Balqis Putri (SMPN 1 Tamanan), Nur Hasanah (MTs Zainal Abidin) and Waqi’ (SMKN 1 Bondowoso) Lina and her friends in Bondowoso, East Java, Indonesia are worried about the high percentage of early marriage in their city. Lina and friends do not want that to happen to them. Lina dan teman-temannya dari Bondowoso, Jawa Timur, … Read More

Bunga Trotoar

2002, Yogyakarta

Pembuat: Si Cantik dan Etnoreflika Video hasil workshop bersama beberapa anak jalan perempuan di Yogyakarta, yang menamakan diri mereka ì Si Cantikî. Video ini mengikuti perjalanan hidup tiga orang sahabat pada satu malam. Lewat video ini, kita diperkenalkan pada lika liku kehidupan anak-anak jalanan di Kota Yogyakarta. Apa yang mereka lihat setiap hari, apa yang mereka lalui dan harus mereka … Read More

Bungong

2007, Aceh Jaya

Pembuat: Mayhana, Afrida, dan Tata |  Lembaga : Ragam Media Network Video ini menyajikan sketsa kehidupan perempuan dan lelaki di banda Aceh sekarang. Kesibukan dan rutinitas para ibu yang berkisar antara mengasuh anak, mencuci piring, juga melayani kebutuhan seks suami yang kemudian dibenturkan dengan suasana kedai kopi sebagai ëruang bebas dan merdekaí lelaki Aceh.

Teman Nelayan

2009, Jawa Barat

Pembuat: Tim AkuMasaa Cirebon Keluhan anak buah kapal mengenai rendahnya upah mereka. Pendapatan bulanan yang jereka terima tidak sepadan dengan kerja keras mereka, dan bahkan kebanyakan di bawah standar minimal upah buruh. Walaupun begitu uang yang mereka dapatkan kebanyakan habis untuk membeli minuman keras dan rokok.

Waton Dadi Maton

2005, Yogyakarta

Sutradara : Mpok Dhika, Ass Sutradara : Mbok Heny, Produser : Antariksa Film yang berusaha menunjukan perubahan yang terjadi dalam kehidupan ini. Perubahan dari buruk menuju baik, dari jahat menjadi sadar, dari pembuatan masalah menjadi orang yang lebih produktif. Film hasil Workshop Video Partisipatif bersama anak dari sanggar AWI di mergangsan kidul Yogyakarta.