Olimpiade Dolanan (Rumah Ilalang)

Jepara

Pembuat: Anita Munafia (16 tahun) dan Achma Rusdiyan Yazid (21 tahun) | Rumah Belajar Ilalang Lewat video diary ini, teman — teman dari Rumah Belajar Ilalang berusaha untuk menumbuhkan kembali kecintaan akan permainan tradisional anak yang kian hari semakin tergerus jaman.

Semestinya Jangan Gengsi

Bali

Ide Cerita, Sutradara : W. Sutarka Upacara potong gigi di Bali yang bisa dilakukan secara masal.  Namun karena gengsi banyak juga yang melakukan secara pribadi, padahal biaya yang di keluarkan tidak sedikit. Tak jarang banyak  orang dari golongan ekonomi lemah yang memaksakan, hingga terbelit hutang. Haruskah kita bertahan dengan perasaan Gengsi itu.. ??.

Ibu Pertiwi Kekasih Abadi

Bali

Produksi: Piling Sutradara : I Ketut Ardhiana Kamera : I Nyoman Darma Susila, I Made Supriana Sawah menurut orang bali menyangkut dengan kepercayaannya kepada dewa-dewa. Seberapa pentingkah sawah bagi mereka?.

Made in Ponorogo

Ponorogo

Dimulai 1995, Pemda Ponorogo menjadikan reog sebagai ‘proyek besar’ pembentukan dan komoditas khas Ponorogo. ‘Proyek’ itu dijalankan antara lain dengan menjadikan kata ‘Reog’ sebagai semboyan Ponorogo, penyelenggaraan Festival Reog Nasional, dan pewajiban seluruh desa untuk memiliki reog.

Topeng Indramayu ; Di Keluarga dan Sekolah

Indramayu

Pembuat: Komunitas Gala Sajati Timbul tenggelamnya budaya tari topeng Indramayu dalam ingatan dan semangat pemuda Indramayu, dan bagaimana struktur sosial seperti sekolah menerima  kehadirannya dalam masyarakat.

Beda Paham Toa Masjid

2015, Purbalingga

Pembuat: Sabuk Cinema (SMA Bukateja Purbalingga) Remaja melihat ada keresahan di masyarakat Purbalingga terkait bunyi toa masjid yang terlalu keras.

Ini Cerita Kami

2015, Cilacap

Pembuat: TBM Sangkan Paran Ada tiga hal yang menurut remaja di Cilacap sensitif bagi mereka; pacaran, jomblo dan orang tua. _______ Jalan Remaja 2o15

Mana Permainanku Dulu

2015, Klaten

Pembuat : Sanggar Lare Mentes Ternyata bermain game memakai telepon seluler dan menonton TV membuat remaja di Sanggar Lare Mentes bosan. Mereka merindukan permainan yang dilakukan bersama-sama.

Ngiwarikeun Bahari

2014, Ciamis

Pembuat : Sena Arlin, Arief Reef, Allgi Oktyanto, Nisa Fauziyah, Imas Masruroh, Yeni Nurmalasari, Yeyen Anggraeni, Hayati Mayang Arum, Irfan Nugraha | Plasabumi Ciamis Para remaja di komunitas ini melakukan aksi melestarikan aksara Sunda dengan memasang papan- papan petunjuk mengunakan aksara sunda untuk nama jalan dan papan petunjuk untuk obyek wisata (Jalan Remaja 1208 2014)

…Nyumse (Skhola Tanpa Batas)

2014, Makassar

Pembuat: Skhola Tanpa Batas (Ahmad Suhail) Sejumlah remaja memulai aksi iseng untuk membuat orang-orang yang tak dikenal supaya bisa tersenyum. Ternyata tidak semua orang mudah tersenyum, padahal sebuah senyuman bisa menularkan kebahagiaan pada orang sekitar