Disaster Mitigation

IDEP is a local Indonesian NGO based in Bali – Indonesia, founded in 1999, that develops and delivers training, community programs and media related to sustainable development through Permaculture, and Community-based Disaster Management.

The 3rd Peasant Meeting

Jawa Tengah

Visual Concept : Kendilwesi, Naskah : Ririn Habsari, Dian Rahmawati Temu tani yang diadakan untuk ketiga kalinya di Desa Ngandong, Klaten. Salah satu desa yang mengalami kerusakan yang parah pada waktu gempa Jogja tahun 2006. Pertemuan ini diadakan sebagai sharing pengalaman, pengatahuan dan teknologi pertanian.

La Asiru

2006, Sulawesi Tenggara

Kamera : Abdi Hayat, Penyunting : Beta Pattawarnie, Pengarah : Yoga Atmaja Documenter tentang seorang nelayan yang pernah ìHilangî bersama keluarganya saat kerusuhan yang terjadi di kepulauan Kei, Maluku  tenggara pada bulan April-Juni 1999. Pada sebuah ekspedisi tahun 2005 nelayan tersebut ditemukan di kepulauan Wakatobi Sulawesi Tenggara. Dia bermukim disana dan menjadi teladan bagi masyarakat pulau tersebut.

Peugoet

2005, Aceh Jaya

Sutradara : Didit Haryadií Produser : Nani Zulmilarni 26 Desember 2004, gempa dan Tsunami menghantam Aceh. 171 161 orang meninggal dan ratusan ribu mereka kehilangan harta benda termasuk rumah dan sumber kehidupan. Empat bulan kemudian anggota Pekka di Bireuen memulai kehidupannya kembali. Mereka mulai lagi kegiatan ekonominya dan mereka membangun kembali rumahnya. Video ini hasil kerjasama PPSW dan PEKKA

Kenangan Harapan

2008, Bali

Ide Cerita : I Ketut Ardiana, Skenario : I Wayan Putra Sedana, Ni Wayan Rismaningsih, Sutradara : I Wayan Sukarasta Cerita mantan pengelola Subak tentang perbandingan air sekarang dan ketika mereka mengelola subak ketika itu.  Air semakin sulit didapatkan karena penggundulan hutan.

Sampah Desa Tetangga

Bali

Produksi: Kelating Ide Cerita : Dewa Nyoman Sidan Skenario : Dewa Nyoman Sidan, I Wayan Wijaya, DAP Eka Marwani, DAP Yuswita R. Nasib desa hilir yang mendapat sampah kiriman dari desa hulu. Sebuah masalah ekologis yang berkembang menjadi masalah sosial dan berpotensi memicu konflik yang lebih besar.

Meniti Buih Gelombang Tsunami

2006

Produser : Jaringan Relawan Kemanusian Sutradara : IGP. Wiranegara Sebuah video yang bercerita tentang bencana alam Tsunami yang menimpa Aceh pada tahun 2004. Berbagai pengalaman korban terungkap dalam video ini. JRK merupakan salah satu tim kemanusiaan yang tiba pertama kali di Aceh. Setelah sekian lama JRK menyelenggarakan berbagai program di Aceh, video ini pun dibuat sebagai bukti di mana bencana … Read More

Trying to Survive

1999, Maluku

Produser : Pieter Elmas, Director : Roem Topatimasang | Lembaga: Baileo Krisis pangan yang terjadi di Maluku pada tahun 1997-1998 mengakibatkan masyarakat kelaparan. mereka berusaha untuk bertahan dengan mengembangkan pertanian sistem baru. Bagaimanakah strategi itu?

For The Future

Jawa Timur, Sidoharjo

Pembuat: Masyarakat Desa Besuki  Dua tahun sudah masyarakat Besuki, Porong, Sidoarjo setelah menjadi korban lumpur lapindo mengalami penurunan kondisi sosial ekonomi yang begitu drastis. Keprihatinan dimana-mana. Mereka bertekad agar selalu bertahan hidup demi masa depan yang semoga lebih baik.