Disaster Mitigation

Depot Video

IDEP is a local Indonesian NGO based in Bali – Indonesia, founded in 1999, that develops and delivers training, community programs and media related to sustainable development through Permaculture, and Community-based Disaster Management.

The 3rd Peasant Meeting

Depot Video Jawa Tengah

Visual Concept : Kendilwesi, Naskah : Ririn Habsari, Dian Rahmawati Temu tani yang diadakan untuk ketiga kalinya di Desa Ngandong, Klaten. Salah satu desa yang mengalami kerusakan yang parah pada waktu gempa Jogja tahun 2006. Pertemuan ini diadakan sebagai sharing pengalaman, pengatahuan dan teknologi pertanian.

Sampah Desa Tetangga

Depot Video Bali

Produksi: Kelating Ide Cerita : Dewa Nyoman Sidan Skenario : Dewa Nyoman Sidan, I Wayan Wijaya, DAP Eka Marwani, DAP Yuswita R. Nasib desa hilir yang mendapat sampah kiriman dari desa hulu. Sebuah masalah ekologis yang berkembang menjadi masalah sosial dan berpotensi memicu konflik yang lebih besar.

For The Future

Depot Video Jawa Timur, Sidoharjo

Pembuat: Masyarakat Desa Besuki  Dua tahun sudah masyarakat Besuki, Porong, Sidoarjo setelah menjadi korban lumpur lapindo mengalami penurunan kondisi sosial ekonomi yang begitu drastis. Keprihatinan dimana-mana. Mereka bertekad agar selalu bertahan hidup demi masa depan yang semoga lebih baik.

Desaku Yang Tercinta

berisik Meulaboh

Pembuat: Bahron Azim, M.Aris Munandar, Nilawati, Azura Selvia Zibua Bahron mengajak teman-temannya berkunjung ke rumah barunya yang belum lama ditempati. Merekapun berbelanja dan memasak mie di sana. Setelah itu mereka main di pantai, dengan seekor keong laut yang mereka beri nama “Lulu”.   — Video ini merupakan bagian dari kompilasi Hello Video Merupakan hasil ekspresi anak-anak dari Banda Aceh dan … Read More

Lalu

Depot Video 2011, Magelang

Pembuat: Jumoyo Melalui lanskap pasir yang menutupi puing-puing rumah yang diterjang erupsi Merapi 2010, masyarakat desa Gempol berusaha kembali menjalankan ritme kehidupan mereka, sambil belajar memahami bahwa sejatinya mereka mesti hidup harmonis dengan lahar dingin yang siap menyapa mereka setiap musim hujan. ___________________ Sekolah Remaja 2011

Bukan Tenda, Tapi …

Depot Video 2009, Tasikmalaya

Pembuat: Juniawati, Deni, Empus, Ampek Sebuah keluarga di Citepus yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa memilih untuk tidak tinggal di tenda, melainkan di sebuah bekas kandang ayam.

Bukan Untuk Disesali

Depot Video 2009, Tasikmalaya

Pembuat: Juniawati, Empus, Deni, Apek Musik bagi Epis (anak muda dari kampung Citepus, lokasi yang terkena dampak gempa) adalah teman dan tempat berekspresi . Lewat sepenggal lagu ciptaan sedirinya, Epis menunjukkan kepedulian, harapan,  dan dukungannya kepada tetangga-tetangga dekatnya yang terkena dampak Gempa 7,3 SR di Tasikmalaya.

Main Yuk

Depot Video 2009, Tasikmalaya

Pembuat: Anak Remaja Golempang Ayo ikut Kaka dan teman-temannya berkeliling kampung Golempang, berkenalan dengan Ayah, Ibu, dan saudara mereka yang selalu semangat berkerja meskipun sudah terkena musibah gempa Tasikmalaya.