Sangu Tavuni (Libu n’Tolare)

2014

Pembuat : Ibnu Munzir, Ojan Rajawali, Ronald Sanur | Libu n’Tolare Muda- mudi di Sulawesi merasa resah dengan banyaknya pertikaian yang terjadi di daerah mereka, padahal menurut mereka adat dan budaya mengatakan bahwa semua orang itu satu plasenta (bersaudara). Mereka ingin ada aksi aksi dimana adat dan tradisi itu dicatat dan didokumentasikan supaya orang senantiasa ingat dan menjaga perdamaian. (Jalan … Read More

Haruskah Membeli

2008, Bali

Produksi : Kelating | Sutradara : Dewa Sidan | Kamera : To Edi, Ngurah Masyarakat Hindu Bali menggunakan Canang sebagai sebagai bagian dalam ritual mereka. Setiap hari mereka menggunakan canang sesuai dengann jumlah tempat yang mereka gunakan untuk sembahyang. Bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk membuat Canang akhirnya harus membeli.

Semestinya Jangan Gengsi

Bali

Ide Cerita, Sutradara : W. Sutarka Upacara potong gigi di Bali yang bisa dilakukan secara masal.  Namun karena gengsi banyak juga yang melakukan secara pribadi, padahal biaya yang di keluarkan tidak sedikit. Tak jarang banyak  orang dari golongan ekonomi lemah yang memaksakan, hingga terbelit hutang. Haruskah kita bertahan dengan perasaan Gengsi itu.. ??.

Ibu Pertiwi Kekasih Abadi

Bali

Produksi: Piling Sutradara : I Ketut Ardhiana Kamera : I Nyoman Darma Susila, I Made Supriana Sawah menurut orang bali menyangkut dengan kepercayaannya kepada dewa-dewa. Seberapa pentingkah sawah bagi mereka?.

Perang Pandan Desa Tenganan di Masa Kini

2002, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu | Ide Cerita : Nyoman Domplong, Wayan Mudana Upacara Prerang Pandan yang dilakukan di Tenganan untuk bentuk pemujaan kepada dewa Khrisna yang adalah dewa perang. Video ini bercerita mengenai rangkaian upacara tersebut an pemaknaannya oleh masyarakat. Sebuah upacara yang sarat akan tradisi dan nilai serta menarik untuk diikuti. Namun bagaimana sekarang upacara tersebut dimaknai?.

Terinjak Kaki Rinjani

2008

Produksi: Desantara Produser : M. Nur Khoiron Director : Latif, Pikong, Akbar, Agus, Yopy Singkat : Video ini merupakan usaha video etnografi dalam mengungkap potret nyata berlangsungnya perubahan dan pergeseran budaya bagi masyarakat Sasak. Panjang : Merupakan usaha video etnografi dalam mengungkap realitas di balik keindahan Pantai Senggigi di bawah kaki Gunung Rinjani. Bermula dari legenda rakyat Bau Nyale Putri … Read More

Nangiang Barong

2006, Bali

Produksi: InDocs | Sutradara : I Wayan Ananta Wijaya, Dwita July Ariana | Produser Eksekutif : Tonny Trimarsanto Masalah yang terjadi di Kiadan, baik itu wabah penyakit dan konflik yang sering terjadi, oleh masyarakat di percaya karena kekuatan ghaib yang mengganggu. Kekuatan tersebut berasal dari barong banjar tersebut yang tidak terurus. Video ini menceritakan rangkaian prosesi upacara pembangkitan kembali Barong … Read More

Kain Geringsing

2004, Bali

Produksi : Yayasan Wisnu, Sutradara : Mangku Widya, Editor : Gde Sugiarta, Lontho Video produksi Desa Adat Tenganan Pegringsingan. Geringsing sebagai salah satu symbol pelestarian hutan Tenganan karena semua pewarna di dapat dari  tumbuhan yang ada di dalam hutan. Selain bahan pewarna,di ceritakan juga proses proses pembuatanya dan kegunaan dalam adat masyarakat Tenganan.

Sang Hyang Ukupan di Nusa Ceningan

2002, Bali

Produksi: Yayasan Wisnu Video dokumentasi tentang salah satu tarian sakral yang sudah lama tidak ditarikan,bersamaan dengan masuknya rumput laut. Tari sanghyang Ukupan ini dipercaya merupakan salah satu faktor penyebab berkurangya konflik yang terjadi selama ini di Ceningan.