Dari Pagi Hingga Petang

Kompang, Sulawesi Selatan

Pembuat: Wana | Sekolah Rakyat Payo-Payo Potret aktivitas sehari-hari masyarakat Kompang dari pagi hingga petang. Dari Ayah, Ibu hingga anak-anak mereka. Apa yang menarik dari daerah ini dibandingkan dengan daerah lainnya?

Legenda Batu Simbolang

2009, Sinjai Tengah, Sulawesi Selatan

Pembuat: Sukma, Risma – Sekolah Rakyat Payo-Payo Setiap daerah biasanya memiliki cerita rakyat atau legenda-nya masing-masing yang diketahui secara turun temurun dari mulut ke mulut. Lewat media video, anak-anak sekolah rakyat Payo-Payo mencoba untuk mendokumentasikan kegiatan mereka yakni napak tilas legenda batu simbolang yang artinya batu bersanggul. Bagaimanakah kondisi batu simbolang itu sekarang?

Sipakatu Tan Sipakatiri

2008, Sulawesi Selatan

Pembuat: Komunitas Kajang & Desantara Foundation Sipakatau tan Sipakasiri berarti ‘saling menghormati dan tidak menyakiti’. Namun apakah ini terjadi di daerah Amma Toa, di mana ada masyarakat adat yang masih memegang teguh adatnya dan memiliki tradisi sendiri dalam ke-Islaman mereka, dan ada masyarakat kota yang lebih modern dan menurut mereka telah menjauh dari adat istiadat yang dulunya dijalankan dengan patuh?

Bertani Bisa Tonji Sekolah

2012, Sulawesi Selatan

Pembuat: Rumah Kamu   Menjadi petani jarang menjadi pilihan anak muda. Budiati dan teman-teman di Gowa, Sulawesi Selatan punya pendapat lain. Menurut mereka, pendidikan dan bertani bisa saling menunjang, contohnya Saparuddin, teman mereka yang bertani sembari giat bersekolah.