Hompongan

2002, Jambi

Pembuat: Orang Rimba, SOKOLA, Dedy Arnov| GEF Pendidikan bukan hanya hak anak-anak di perkotaan atau pedesaan bahkan juga anak-anak yang ada di hutan. Lewat mediasi lembaga Sokola, anak-anak rimba di pedalaman hutan belajar bagaimana caranya membaca dan menulis. Agaknya semangat mereka untuk menimba ilmu pengetahuan sangat patut untuk dijadikan panutan.

Persahabatan

2009, Jambi

Pembuat: Berayat, Bekinya, Dwi, Puji Kisah  dua remaja dari komunitas yang berbeda di sebuah perbatasan yang bertahun-tahun ini hidup bersama dan saling menyimpan prasangka. Sampai pada suatu hari,persahabatanpun dimulai dari sebuah hal yang sederhana.

Untuk Pak Presiden

2009, Jambi

Pembuat: Mustika Anggraini, Ardiansyah, Nana Suryana, Erik Semua dimulai dan berakhir di ruang Isolasi. Film ini berkisah mengenai perlakukan diskriminatif yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit terhadap para ODHA di Jambi di ruang isolasi. Cerita yang sebaiknya Bapak Presiden tahu.

Ingin Sepertiku

2009, Jambi

Pembuat:  Anggita, Primastari, Epik H,Nabila, Rizka W, Ruby Tidak selamanya harta dan kekayaan menjamin kebahagiaan.

Sekolah Mau Apa

2009, Jambi

Pembuat: Hendryanto, Oby Saputra, Sulis, Mirna Sekolah untuk apa sih? Oby sudah melewati semua yang harus dia jalani, sekolah sampai sarjana. Tetapi apakah menjaminnya mendapat pekerjaan?

Mau Kemana Neh?

2009, Jambi

Pembuat: Komunitas Cost Sekelompok siswa di SMA 1 Jambi melakukan penelitian tentang kemana para siswa sekolah favorit itu akan melanjutkan sekolah mereka setelah lulus SMA. Jawabannya mungkin tidak mengejutkan, tapi…

Terang dalam Gelap

2010, Jambi

Pembuat: Herman Lubis dkk. Video ini berkisah seorang gadis remaja tuna netra yang bersekolah di SLB. Dengan twist yang mengejutkan, sang gadis yang kisahnya mengapung dalam aksara Braille tersenyum bahagia ketika menemukan terang dalam kegelapannya.

RSBI?! Argh…

2009, Jambi

Pembuat: Komunitas Cost Para pelajar mempertanyakan RSBI kepada sekolah mereka sendiri. Katanya program sekolah internasional? Tapi apa benar? Tidak hanya para pelajar, kemudian guru-guru juga ikut bercurhat tentang program misterius ini. Bersama para guru dan pelajar ini, mereka mengupas realita RSBI dengan tajam, setajam s*let.

Jangan Paksa Kami!

2010, Jambi

Pembuat: Komunitas Pemuda Pantang Menyerah Orangtua inginnya ke sekolah ini, tapi si anak pengen ke sekolah itu. Masalah lazim sih, tapi justru karena sudah duluan ‘dilazimi’ oleh mereka para pengambil-pengambil keputusan, maka masalah ini tidak pernah selesai, dan justru meninggalkan lubang menganga yang sudah terlambat untuk diobati.

Harapan Untuk Gubernur

2010, Jambi

Pembuat: Ikhsan Triadi Menjelang pemilukada Jambi, anak-anak sekolah, guru, penjaga sekolah, hansip, anak nongkrong, mengutarakan harapan mereka semua terhadap gubernur baru yang akan terpilih.