Uncounted Victims

Depot Video Aceh Jaya

Produser : Adi Nugroho, Nani Zulminarni Pemberlakuan Daerah Operasi Militer (DOM) di wilayah Aceh selama lebih dari 10 tahun menyisakan derita berkepanjangan di tanah rencong, Aceh. Ribuan korban sipil dan militer terbunuh sia-sia. Salah satu kelompok korban yang tidak dihitung adalah perempuan dan anak-anak yang harus menanggung beban berat kehidupan akibat terbunuhnya tumpuan keluarga; suami dan ayah mereka. Video ini … Read More

Jameun Jinoe

Depot Video 2011, Aceh Jaya

Pembuat: Lamp On Aceh Community Film pendek yang berkisah tentang dua orang, Jameun dan Jinoe, yang hidupnya saling bertolak belakang. Saling bertolak belakang antara kehidupan modern dan kehidupan kampung, film ini seakan menjadi diorama realita masyarakat Aceh modern.

Habis terang terbitlah Gelap

Depot Video 2011, Aceh Jaya

Pembuat: R.A. Kamarullah Kisah tipikal yang umumnya pernah dialami sebagian besar anak muda yang sedang beranjak dewasa. Di satu sisi, kebebasan menjadikan kita raja bagi diri kita sendiri. Sayangnya, si raja baru ini seringkali berlaku semena-mena terhadap rakyatnya sendiri.   ______________ Sekolah Remaja 2011

Aku kamu jadi Kita

Depot Video 2011, Aceh Jaya

Pembuat: Amri & Muhammad Hamzah Hasballah Kumpulan komentar dari teman-teman Sekolah Remaja Aceh tentang fenomena ‘Gap’ di antara anak-anak muda di Aceh. Mengapa mereka cenderung melakukan ‘Gap’ di antara mereka? Apa untung ruginya nge-‘Gap’ bagi anak muda Aceh? Bagaimana kemudian mereka mensikapi realitas ‘Gap’ ini?   ____________ Sekolah Remaja 2011

Udeep di Lapak (Hidup di Lapak)

Depot Video 2008, Aceh Jaya

Produser : Keumalawati, Sutradara : Wardiah Video ini merupakan hasil akhir dari training video komunitas yang dilakukan di NAD. Video ini berisi tentang realita pedagang kakilima yang sering diusir ketika razia diadakan oleh Satpol PP. Ironisnya, setiap bulan mereka diwajibkan membayar pajak sebagai uang sewa tempat mereka berjualan.

Toeh E’k Koen Bak Tempat Droe

Depot Video 2008, Aceh Jaya

Produser : Ratnawati, Sutradara : Nurmala Video ini merupakan hasil akhir dari training video komunitas yang dilakukan di NAD. Video ini mengangkat kebiasaan masyarakat yang sering buang kotoran sembarangan. Video ini berusaha menyadarkan masayarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Ta Jaga Besare Aceh Lam Damai Jinoe Ngen Ukeu

Depot Video 2008, Aceh Jaya

Produser & Sutradara : Orlina Hanim Merupakan video produksi perdana dari tim video komunitas di Idi Rayeuk, Aceh Timur. Video ini mengangkat tema tentang perdamaian di Aceh pasca konflik serta bagaimana realita partai-partai lokal yang banyak berdiri di Aceh paska konflik. Video ini berusaha mengangkat apa yang dimaksud rasa aman bagi sebagian masyarakat Aceh.

Sikula Masa Depan Loen

Depot Video 2008, Aceh Jaya

Produser : Ratnawati, Sutradara : Nurmala Video ini merupakan hasil akhir dari training video komunitas yang dilakukan di NAD. Menyoroti tentang realitas pendidikan di desa, kesadaran masyarakat akan pendidikan serta masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dalam memperoleh akses pendidikan.

Saboh Glah Ie Kuphie

Depot Video 2008, Aceh Jaya

Produser : Nelli Agustin, Sutradara : Arianii Video ini merupakan hasil akhir dari training video komunitas yang dilakukan di NAD. Bercerita tentang kebiasaan sebagian masyarakat di Aceh yang menghabiskan banyak waktu di warung kopi. Tim ini sedikit menggali pendapat dari seorang istri/ibu rumah tangga terhadap dampak dari kebiasaan tersebut.

Kaween Loom (Kawin Lagi)

Depot Video 2008, Aceh Jaya

Produser : Romlawati, Sutradara : Keumalawati Video ini berusaha menyoroti perilaku poligami sebagian kaum laki-laki di Bireuen ñ NAD. Poligami, sangat dekat dengan kekerasan dalam rumah tangga dan lagi-lagi korbannya adalah perempuan. Video produksi pertama dari tim video komunitas Bireun ini mencoba mengangkat realita poligami dan kekerasan terhadap perempuan.